1000 Essential Vocabulary for the JLPT N5 (Trilingue en Japonais - Anglais - Chinois) (N4, 4)

1000 Essential Vocabulary for the JLPT N5 (Trilingue en Japonais - Anglais - Chinois) (N4, 4)

B. Indonesia buatlah teks narasi tentang kebakaran​

buatlah teks narasi tentang kebakaran​

Jawaban:

Sutopo mengatakan, personel gabungan dari sejumlah instansi sulit memadamkan api. Ia berkata, para personel terhambat ketiadaan akses jalan ke lokasi pembakaran.

Tak hanya itu, Sutopo menyebut upaya penjinakan api juga terkendala jumlah mobil pemadam dan sumber air yang terbatas. "Penanganan dilakukan secara manual," ucapnya.

AcehHak atas fotoAFP/GETTY IMAGES/CHAIDEER MAHYUDDIN

Image caption

Kabut asap seperti yang terjadi di perkebunan sawit, Aceh Jaya, tahun 2014, kembali terulang setiap tahun di berbagai wilayah Aceh.

Polres Aceh Besar tercatat telah mengerahkan water cannon ke lokasi karhutla. Di sisi lain, BPBD mulai membagikan masker dan makanan siap saji kepada warga terdampak karhutla.

Berdasarkan pantuan LAPAN melalui satelit Aqua, Terra, dan SNNP, saat ini terdapat 170 titik panas di seluruh Indonesia. Sebanyak 35 titik api di antaranya berada di Aceh.

Provinsi dengan jumlah titik api terbesar saat ini adalah Nusa Tenggara Timur (44). Jawa Timur berada di bawah Aceh dengan 9 titik api, sedangkan Kalimantan Selatan dan Nusa Tenggara Barat di peringkat berikutnya dengan 8 titik api.

Sementara itu, dalam catatan Global Forest Watch Fires selama 17 hingga 24 Juli, Sumba Timur merupakan kabupaten dengan jumlah titik api terbesar, diikuti Aceh Barat, Nagan Raya, dan Aceh Singkil.

Pada peta pantauan Global Forest Watch Fires, Aceh tertutup warna merah karena memiliki kerentanan karhutla sangat besar.

[answer.2.content]